DNS Server

Mengkonfigurasi DNS (Domain Name Sytem ) Server

DNS merupakan suatu protocol yang berfungsi untuk menjembatani antara alamat jaringan dalam bentuk IP addres yang berupa angka — angka menjadi kata — kata yang mudah di ingat dan dapat menjadi identitas dari suatu lembaga. Dalam

konfigurasi DNS Server ini terdiri dari dua kelompok, yaitu

A. Mendefinisikan New Zone

1. Jalankan program DNS dengan cara pilih tombol Start >> Program Administrativ Tools >> DNS, hingga muncul tampilan seperti pada gambar berikut.

2. Buat New Zone dengan cara klik Action lalu pilih New, seperti pada gambar gambar dibawah ini:

3. Sehingga akan muncul tampilan ucapan selamat datang dalam pembuatan new zone seperti pada dibawah ini:

4. Pilih Next, hingga muncul tampilan pemilihan zone type lalu pilih standard primary seperti pada gambar berikut:

5. Pilih Next, hingga muncul tampilan pengisian nama zone yang mau dibuat. Ketik movingcel.com, seperti pada gambar berikut.

6. Pilih Next, hingga akan tampil nama file rnovingcel.com.dns sebagai tanda telah berbasil pembuatan zone barn movingcel.com, yang tampak pada gambar berikut.

7. Pilih Next, sehingga akan muncul informasi bahwa pembuatan zone bare secara terpandu telah selesai, lalu tekan tombol finish untuk mengakhiri proses pembuatan zone movingcel.com, seperti pada gambar berikut.

8. Setelah tombol finish ditekan, maka akan tampil jendela zone yang sudah dibuat movingcel.com seperti pada gambar berikut.

B. Mendefinisikan New Host

Dalam pendefinisian new host ini dimaksudkan agar alamat web menjadi komplit dari yang movingcel.com menjadi http://www.movingcel.com. Langkah langkah pembuatan new host adalah sebagai berikut:

1. Dari tarnpilan DNS kemudian can nama web site yang sudah dibuat dalam zone create, seperti pada gambar berikut.

2. Dari tampilan DNS kemudian pilih tombol action atau pilih movingcel.com kemudian klik kanan hingga muncul menu pop up, lalu klik new host seperti pada gambar berikut.

3. Pilihan pembuatan new host akan memunculkan menu new host seperti pada gambar dibawaha lalu kit isi name : www dan ip address – 219.200.20.231 seperti pada gambar berikut.

4. Pada gambar 33.b pilih tombol Add Host lalu tekan tombol Done, sehingga jika proses pembuatan berhasil akan muncul tampilan yang memberikan informasi bahwa pembuatan new host telah sukses, seperti pada gambar berikut.

5. Kemudian rnuneul tampilan lanjutan pembuatan new host seperti pada gambar berikut.

6. Dengan menekan tombol done, maka akan muncul menu DNS dengan tambahan www pada bagian forward zone movingcel.com, seperti pada gambar berikut.

Satu Tanggapan to “DNS Server”

  1. sippp bos infonya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: