Proposal

1.1.        Latar Belakang Masalah

 

            Pada dasarnya, perkembangan teknologi sekarang ini sudah sangat maju dan pesat, apalagi dikalangan anak-anak sampai orang tua sudah mengenal yang namanya jaringan komputer. Pemanfaatan jaringan komputer dalam lingkungan sekolah semakin berkembang. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa jaringan komputer mampu mempermudah sistem administrasi sekolah maupun dalam proses pembelajaran.

            Jaringan komputer mampu melakukan penekanan biaya operasional sampai titik minimal namun tetap pada pengunaan yang paling maksimal, biaya – biaya perlengkapan administrasi sekolah seperti pengunaan harddisk, printer, dan sebagainya dapat dihemat sebagai salah satu akibat dari pengoptimalisasi kemampuan peralatan – peralatan sekolah.

            Pengunaan jaringan komputer pada instansi sekolah juga mampu mengoptimalkan fungsional-fungsional yang berada dalam setiap elemen sekolah yang mengunakan jaringan komputer, tidak memakan waktu yang lama dalam menyelesaikan suatu masalah tertentu dan juga merupakan harapan dari banyak orang, atau tugas-tugas yang semula susah dengan adanya komputer ini bisa menjadi mudah dan cepat selesai dengan baik sehingga tidak ada masalah yang tertunda atau banyak tugas-tugas yang bertumpuk menunggu untuk diselesaikan.

            Sebuah instansi sekolah sering kali memiliki komputer dalam jumlah yang banyak dan masing-masing komputernya terletak berjauhan dan terpisah dengan ruangan yang satu dengan yang lainnya, dengan pengunaan jaringan computer maka setiap jaringan komputer yang ada dari pertama sampai akhir dapat berhubungan satu sama lain sehingga seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa pengaruh dari lokasi resource dan pemakaian atau lebih dikenal dengan resource sharing.

Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan dari jaringan komputer yang terdiri dari sekian banyak keuntungan yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia.

            Namun apabila sebuah jaringan komputer tidak dilengkapi dengan adanya security atau keamanan jaringan yang baik maka jaringan tersebut sangat rentan akan adanya serangan dari pihak lain (internal maupun eksternal). Alangkah baiknya dalam membangun sebuah jaringan komputer itu harus dilengkapi juga dengan sistem keamanan yang baik agar data – data penting sekolah dapat terjaga dengan aman. Dan gagasan itu juga penulis terapkan pada penulisan ilmiah penulis dengan judul “Menganalisis Sistem Keamanan Jaringan Komputer SMK Taruna Bhakti”.

1.2.Ruang Lingkup

 

Pada penulisan ilmiah ini penulis akan menganalisis sistem keamanan jaringan komputer SMK Taruna Bhakti Cimanggis – Depok. Pada penulisan ini penulis juga membahas pengenalan Sistem Operasi Mikrotik beserta proses instalasinya, pengenalan DNS Server beserta konfigurasinya, dan pengenalan sistem keamanan jaringan pada mikrotik dengan menggunakan firewall, NAT.

1.3 Tujuan

Adapun tujuan penulisan ilmiah ini adalah:

1.   Sebagai bahan masukan bagi penulis dan pihak yang bersangkutan yang mungkin berguna bagi masa sekarang maupun masa yang akan datang.

2.   Mengetahui arsitektur jaringan komputer dan apa saja yang digunakan dalam SMK Taruna Bhakti Cimanggis – Depok.

3.   Mengimplementasikan sistem keamanan jaringan yang baik.

1.4 Metode Penelitian / Metodologi

 

1.4.1 Sample

 

Yang menjadi sample penelitian ini adalah SMK Taruna Bhakti Cimanggis – Depok.

1.4.2 Sumber Data

 

Sumber data yang dijadikan acuan oleh penulis dalam penelitian ini adalah :

  1. a.      Observasi

Penulis langsung ke sumber lokasi untuk melihat kondisi ruang dan gedung.

b.    Studi pustaka

Penulis menggunakan beberapa literatur yang mendukung penulisan ilmiah ini.

 

1.5 Sistematika Penulisan

 

 Penyusunan penulisan ilmiah ini dilaksanakan dengan beberapa metode dan format susunan yang terbagi ke dalam beberapa bab, yang terdiri dari :

  1. BAB I : PENDAHULUAN

                        Pada Bab ini, berisi tentang Latar Belakang Masalah, Batasan Masalah, Tujuan, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan Ilmiah.

  1. BAB II : LANDASAN TEORI

      Berisikan tentang penjelasan mengenai berbagai pengetahuan tentang jaringan komputer yang sering digunakan dalam pembuatan jaringan saat ini. Semua yang ada dalam BAB II meliputi teori dasar jaringan, teori dasar mikrotik, teori dasar DNS, dan teori dasar keamanan jaringan.

  1. BAB III : ANALISA BERJALAN

Berisikan kondisi sistem keamanan jaringan komputer yang berjalan pada SMK Taruna Bhakti Cimanggis – Depok.

  1. BAB IV : ANALISA USULAN

Berisikan tentang usulan pengembangan terhadap sistem keamanan jaringan komputer yang berjalan pada SMK Taruna Bhakti Cimanggis – Depok seperti firewall, NAT dan Proxy.

  1. BAB V : PENUTUP

                    Bab penutup ini penulis berusaha mengambil kesimpulan dari penulisan ilmiah yang penulis lakukan, beserta saran-saran yang mungkin dapat memudahkan bagi pembaca apabila ingin melakukan percobaan serupa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: