Bonus Atlet Para Games Dinaikkan

TEMPO.CO, Surakarta – Pemerintah memutuskan menaikkan nominal bonus bagi atlet peraih medali di ajang ASEAN Para Games 2011. Sebelumnya para atlet hanya dijanjikan akan diberikan bonus uang Rp 40 juta untuk peraih medali emas, Rp 15 juta bagi yang mendapat perak, dan Rp 7,5 juta yang memperoleh perunggu.

“Setelah semalam diotak-atik, disesuaikan dengan anggaran yang ada, akhirnya diputuskan ada kenaikan bonus,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, saat pembubaran kontingen Indonesia di Pendhapi Gede Balai Kota Surakarta, Rabu, 21 Desember 2011.

Bagi peraih medali emas, bonus naik menjadi Rp 50 juta untuk tiap keping medali. Kemudian perak menjadi Rp 20 juta dan perunggu Rp 10 juta. “Semuanya bebas pajak,” ujar dia, disambut tepuk tangan para atlet. Artinya, semua atlet peraih medali menerima hadiah secara utuh karena pajaknya telah ditanggung pemerintah.

Dia mengatakan kenaikan nominal bonus menjadi pendorong dan motivasi bagi para atlet bahwa dengan berprestasi di bidang olahraga akan mendapatkan kesejahteraan. Sedangkan pelatih, yang atlet asuhannya mendapat medali emas, akan diberi bonus Rp 10 juta, kemudian perak Rp 5 juta, dan perunggu Rp 2,5 juta.

Ada beberapa atlet yang meraih lebih dari satu medali emas. Yang paling fenomenal adalah David Mikael Yakob yang merebut 7 medali emas dari cabang olahraga renang. Kemudian ada tiga atlet peraih 5 medali emas yaitu I Putu Sarwada di cabang atletik, Agus Ngaimin dan Musa Karubaba dari cabang renang. Kemudian ada 14 pemain yang mendapat 3 medali emas dan 26 pemain meraih 2 emas.

Salah seorang atlet peraih tiga medali emas, Nasib Parta Simanja, mengatakan dirinya merasa sangat bersyukur. “Saya tidak pernah mengira bisa mendapat medali emas sebanyak ini,” ujar atlet asal Medan, Sumatera Utara, ini.

Sosok yang baru pertama kali terjun di ASEAN Para Games ini mengatakan dirinya akan memanfaatkan uang yang didapat dengan sebaik mungkin. Sedangkan David akan menggunakan uangnya untuk membantu orang tua, menyumbang ke gereja, dan sebagian ditabung.

Menteri Andi menjelaskan, selain bonus, para atlet peraih 7, 5, dan 3 medali emas mendapat bonus tambahan jalan-jalan ke tempat wisata mana pun di Indonesia. Bonus itu diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan disponsori Hemaviton dan Garuda Indonesia.

“Peraih dua medali emas ada bingkisan dari Menteri Sosial dan seluruh peraih emas masing-masing akan mendapat satu pohon untuk ditanam di Solo dan diberi nama sesuai dengan nama mereka,” ujar dia. Kontingen Indonesia mengumpulkan 113 medali emas, 110 perak, dan 87 perunggu dalam Para Games 2011 di Surakarta.

copyright://http://www.tempo.co/read/news/2011/12/21/099373015/Bonus-Atlet-Para-Games-Dinaikkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: