Kasus ‘Sandal Jepit’, PBNU Minta Polri Juga Pidanakan Koruptor

Jakarta – Kasus pencurian sandal jepit oleh AAL menghenyak publik. Sangat disayangkan kalau kasus pencurian sandal jepit saja masuk ke ruang pengadilan. Akan sangat baik, apabila pihak kepolisian juga memprioritaskan penanganan kasus besar seperti korupsi.

“Tapi cobalah pakai nurani, coba pertimbangkan pencuri sandal dengan korupsi yang membangkrutkan negara ini,” kata Ketum PBNU Said Aqil Siradj, usai bertemu Menkes Endang, di Kantor NU, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2012).

Said mejelaskan masalah keadilan bukan hanya dalam konteks hukum tapi juga nurani dan perasaan. Masyarakat akan sangat tersinggung ketika seorang pencuri sandal jepit dihukum dan dianggap salah besar.

“Bahkan ada ancaman hukum, walaupun hukum tidak jadi diputuskan. Tapi sementara koruptor BLBI, Century, pengemplang pajak itu hanya dihukum rata-rata dua tahun,” jelasnya.

Pencurian memang dilarang dan mengusik keadilan. Tapi penegak hukum juga harus mempunyai rasa keadilan. “Teksnya memang pencurian, dan memang pencurian itu salah. Tapi cobalah pakai nurani,” jelas Said lagi.

AAL divonis bersalah oleh hakim tunggal Pengadilan Negeri Palu, Rommel F Tampubolon. Namun remaja berumur 15 tahun itu tidak dikenai pidana penjara, melainkan dikembalikan ke orang tuanya. Rommel menilai fakta bahwa sandal yang menjadi objek bukan milik Briptu Rusdi, tidak mengesampingkan tindak pidana pencurian yang dilakukan AAL.

Rommel menilai AAL terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, melakukan tindak pidana pencurian. Hakim mengatakan seluruh unsur dalam pasal 362 KUH Pidana terpenuhi untuk menyatakan AAL bersalah melakukan tindakan pencurian.

Kisah pencurian sandal hingga berlanjut ke persidangan ini memang menuai kontroversi. Banyak kalangan menyayangkan proses hukum atas kasus ini, apalagi terdakwa masih remaja dan bersekolah. Seharusnya kasus ini bisa diselesaikan di luar pengadilan melalui musyawarah. Karena itu tidak heran, sebagai bentuk protes, KPAI membangun posko sandal keadilan.

copyright: //http://www.detiknews.com/read/2012/01/06/134254/1808510/10/kasus-sandal-jepit-pbnu-minta-polri-juga-pidanakan-koruptor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: